Barito Utara lakukan pengendalian hama terpadu

dinas pertanian kabupaten barito utara, bekerjasama melalui balai perlindungan tanaman pangan provinsi kalimantan sedang melaksanakan kegiatan sekolah lapang-pengedalian hama terpadu (sl-pht) agar mengamankan produksi pertanian.

kegiatan ini dilakukan petugas penyuluh lapangan juga sejumlah grup tani pada empat kecamatan, kata kepala dinas pertanian, perikanan serta peternakan barito utara (barut), iwan fikri selama muara teweh, senin.

menurut iwan, model sl-pht ini dilaksanakan diantara lain di kecamatan teweh sedang, teweh selatan, gunung timang dan kecamatan montallat.

kegiatan ini agar menekan faktor kehilangan produksi tanaman baik tanaman pangan, sayuran serta holtikultura.

Informasi Lainnya:

hal tersebut diakibatkan adanya serangan organisme pengganggu tumbuhan (opt) maupun dampak dari penomena iklim (dpi) menarik kekeringan maupun banjir, oleh karenanya petani bisa mengalami kerugian serta menurunkan penghasilan dan kesejahteraan mereka, kata iwan.

dalam kegiatan itu audien latihan diimbau supaya dalam mengerjakan pengendalian pengendalian opt pas melalui konsep pengendalian hama terpadu (pht).

pht tersebut dilakukan dengan langkah pengaplikasian sistem budidaya tanaman sehat, pemanfaatan musuh alami, pengamatan berkala juga sekaligus petani dibuat ahli pht dengan prinsip utama mengurangi pemakaian pestisida dan tidak efesien serta tak tidak keliru, sehingga dapat meminimalkan residu pestisida dan pencemaraan lingkungan.