Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka selama lingkungan lembaga pendidikan nahdlatul ulama mau mengadakan jambore nasional selama mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur pada 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama dalam lingkungan studi nu, papar ketua pengurus pusat lembaga studi (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi ketika launching jambore nasional bertema perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) pada jakarta, sabtu.

hadir di acara tersebut wakil ketua kwartir nasional pramuka bidang organisasi serta kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat dan daerah, serta sederat anggota pramuka selama lingkungan pendidikan nu.

menurut arifin, hingga ketika ini telah terdaftar sebanyak 1216 peserta daripada 19 provinsi yaitu dari bali, jawa timur, jawa sedang, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan sedang, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi tengah, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, dan jambi.

Informasi Lainnya:

target kita seluruh provinsi bisa mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti selain diisi dengan aktifitas kepramukaan juga akan diperkaya melalui semua aktifitas semisal latihan kepemimpinan, jurnalistik, diskusi dan penyuluhan mengenai hiv/aids, juga pentas budaya.

selain tersebut, lanjut dia, dalam acara jambore nanti pihaknya sekaligus ingin meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka dan menghimpun semua gugus kepramukaan pada lingkungan lp ma`arif nu mulai dari satuan studi, cabang, wilayah, juga nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin menungkapkan lp ma`arif nu, yang mengurus pendidikan formal daripada tingkat dasar serta menengah selama lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga pada antaranya sekolah umum, dengan angka siswa kurang lebih sembilan juta siswa dan pada ini turut menyukseskan program-program kepramukaan yang dilaksanakan oleh kwarnas, kwarda, dan kwarcab.

organisasi kepramukaan dalam sekolah juga madrasah kami sangat massif. bahkan agar wilayah jawa timur, kegiatan perkemahan sudah rutin kami laksanakan semua tahun melalui menggandeng perwakilan gugus depan pasling baik dalam tiap-tiap cabang, katanya.

oleh karena tersebut, pihaknya optimistis bisa mewujudkan gugus satuan komunitas pramuka selama lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami memenuhi persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, yang selama antaranya merupakan mempunyai kepengurusan wilayah tidak mahal pada lima provinsi, papar arifin.