PNM untuk redistribusi pusat unggulan pendidikan

perubahan status swasta politeknik madiun menjadi politeknik negeri madiun (pnm) agar redistribusi pusat unggulan di jenis pendidikan vokasi selama jawa timur, kata menteri studi juga kebudayaan (mendikbud) muhammad nuh.

selama ini, pusat unggulan studi berada di kota besar, seperti surabaya dan malang. keuntungan tersebut dan hendak dihapus oleh pemerintah pusat, katanya seusai mersmikan pnm selama kota madiun, sabtu.

menurut dia, terkandung pilihan target kemudahan dengan perubahan status politeknik madiun daripada swasta ke negeri, diantaranya akses dan lebih tidak susah pada anak-anak muda dan berasal dari daerah supaya membeli pendidikan tinggi.

anak-anak muda tersebut tidak harus beranjak daerah untuk sekolah. disamping tersebut, pnm juga menumbuhkan kebanggaan bagi penduduk madiun serta sekitarnya, tutur nuh.

Informasi Lainnya:

keberadaan pnm tersebut mau melengkapi politeknik sebelumnya selama jawa timur. disamping madiun, pemerintah telah membangun politeknik negeri banyuwangi serta politeknik negeri madura.

nuh mengajarkan, redistribusi pusat unggulan pendidikan tersebut adalah salah Salah satu investasi bangsa indonesia untuk menjadi bangsa yang sulit pada 2045. dalam waktu tersebut, indonesia membutuhkan sebanyak 130 juta tenaga terampil.

sebanyak 130 juta tenaga terampil tersebut harus dipersiapkan jauh-jauh hari mulai daripada kini. tak hanya dalam madiun saja, namun juga pada daerah lainnya pada indonesia. sekalipun saat ini jumlah mahasiswa di politeknik negeri madiun baru 700 orang, tapi kita sediakan impian untuk merupakan bangsa dan sulit, ungkapnya.

mantan rektor institut teknologi sepuluh nopember (its) surabaya tersebut menyebutkan bahwa tanda-tanda bangsa indonesia hendak adalah bangsa yang sulit amat detail. hal tersebut dapat dilihat dari siklus tujuh abad dan dimulai dari kejayaan kerajaan sriwijaya di abad ketujuh.

pada masa kejayaannya, kerajaan sriwijaya telah didatangi dengan orang-orang dari india dan china supaya mempelajari. hal itu menunjukkan betapa dasyatnya kerajaan sriwijaya, katanya.

ia menimpali, di abad ke-14 indonesia terpuruk sebab penjajahan belanda, serta ketika ini abad ke ke-21 adalah masa-masa menuju 100 tahun indonesia merdeka, ujarnya.

wakil wali kota madiun, sugeng rismiyanto, menyampaikan pemerintah kota madiun telah mempunyai lahan seluas 10 hektare untuk pengembangan politeknik negeri madiun (pnm). harapannya, politeknik ini hendak adalah pusat studi vokasi unggulan agar jatim wilayah barat.

pendirian pnm hendak membawa dampak positif bagi warga, baik selama bidang pendidikan, sosial, maupun jenis ekonomi, ujarnya.

ia menambahkan, agar pengembangannya, pemkot madiun telah menyiapkan anggaran rp6 miliar untuk membantu pnm dalam dua tahun selama awal penyelenggaraannya, sementara pengembangan lain-lain sebesar rp1 miliar.