BNP2TKI tingkatkan penempatan TKI formal

badan nasional penempatan juga perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) selalu berusaha meningkatkan penempatan tki formal semiterampil, terampil, serta profesional supaya mengikuti bisnis kerja pada luar negeri.

kepala bnp2tki moh jumhur hidayat selama tayangan sosialisasi penempatan serta perlindungan pada lapangan kecamatan kalipare, kabupaten malang, jawa timur, sabtu, mengatakan, bnp2tki sejak kemarin fokus dalam penempatan tki formal dan mengurangi penempatan tki informal atau penata laksana properti tangga (plrt).

sosialisasi dikuti ribuan penduduk tergolong staf ahli bupati malang eko siswanto juga pejabat setempat.

sosialisasi menarik perhatian penduduk setempat karena dikemas melalui pementasan wayang kecantikan kontemporer sumantri menggunakan kerja melalui dalang ki cahyo kuntadi, musik ki ageng ganjur, dan tari-tarian, serta diskusi tentang penempatan serta perlindungan tki.

Informasi Lainnya:

sosialisasi tersebut bertema bersama tki mengembangkan negeri dan ingin berlangsung tiap akhir pekan selama pilihan pekan ke depan di 13 kabupaten dalam lima provinsi dan diawali pada kabupaten banyuwangi, jatim, pada jumat (10/5) hingga kabupaten lampung timur, lampung.

kepala bnp2tki menunjukan tki formal merupakan mereka yang berusaha selama luar negeri selama semua perusahaan ataupun organisasi yang berbadan hukum, memiliki kontrak kerja yang kuat, dilindungi secara hukum dalam negara penempatan sehingga relatif tak memperoleh permasalahan di bekerja dalam luar negeri.

menurut data bnp2tki, dari angka penempatan tki selama kemarin sebanyak 494.609 orang, akan tetapi lebih ada penempatan tki sektor formal ke luar negeri yaitu sebanyak 258.411 pihak dibandingkan tki informal ataupun plrt yaitu sebanyak 236.198 orang.

padahal dalam 2011 angka penempatan tki formal sebanyak 264.756 orang, sedangkan tki informal sebanyak 316.325 pihak, dan di 2010 angka penempatan tki formal hanya 124.683 pihak, sedangkan tki informal sebanyak 415.121 pihak.

mudah-mudahan penempatan tki formal dapat meningkat selalu seiring melalui peningkatan kualitas calon tki dan terampil serta memiliki kemampuan kerja dan bagus, katanya.

penempatan tki formal ke luar negeri dilaksanakan dengan skema kerja sama antarpemerintah (government to government) semisal ri-korea selatan bidang industri, manufaktur, pertanian, perikanan, dan jasa, ri-jepang selama penempatan tki perawat pasien (nurse) dan perawat jompo (caregiver), dan ri-timor leste dalam penempatan bidan.

selain tersebut dengan skema kerja sama pemerintah ri dengan pihak swasta pada luar negeri seperti penempatan tki hawa sektor manufaktur elektronik di penang, malaysia, serta skema kerja sama antarswasta (private to private) semisal banyak terjadi pada semua sektor kerja.