Sejumlah ruas jalan di Bukittinggi terendam banjir

hujan deras dan mengguyur kota bukittinggi, sumatera barat, dari selasa sore hingga sedang malam menyebabkan sejumlah ruas jalan pada kota itu terendam banjir.

ruas jalan terendam air akibat kondisi drainase yang buruk sehingga air mengalir pada jalan serta tidak mengalir ke saluran air dan banyak pada samping kiri dan kanan jalan, tutur suhatman, warga aua ateh, kecamatan aur birugo tigo baleh, selasa.

dia menyebutkan, genangan air di jalan mencapai setinggi lutut pihak dewasa tersebut sering terjadi sewaktu hujan turun. namun, tidak banyak upaya daripada pemerintah agar mengatasinya.

pemerintah terkesan tutup mata melalui kondisi air dan tergenang semua iklim hujan sehingga mendorong menyulitkan terhadap pengguna sepeda motor melalui, tutur dia.

Informasi Lainnya:

pewarta diantara di lapangan melaporkan genangan air sekitar setinggi 20 hingga 30 cm tersebut terdapat pada jalan bebas hambatan by pass daerah aur ateh dan titik jalan lainnya.

pengendara roda dua yang melewati jalan dan terendam banjir tersebut kebanyakan tertipu dalam tengah genangan air karena mesin sepeda motornya mati mendadak.

kami kira genangan air tak terlalu tinggi sementara mencapai mesin sepeda motor makanya motor ketika melewatinya mati mendadak, papar rudi, masyarakat sungaipuar, kabupaten agam.

menurut dia, tinggi air mencapai 30 cm itu, supaya pengendara roda dua tak melewati jalan menuju kantor kecamatan aur birugo tigo baleh tak melewatinya telah ditutup pagar oleh penduduk.

pada titik bajir terparah dan biasanya terjadi pada putri air akibatkan luapan saluran air di kawasan itu biarpun belum terlihat, tapi masyarakat dan tinggal di rt. 2/ rw. 1, kecamatan mandiangin koto selayan tampak bersiap-siap mengungsi.

kami harus memperbaiki kewaspadaan sewaktu iklim hujan sebab sewaktu-waktu air ingin meluap juga menggenangi rumah, kata rina, betul masyarakat setempat.