25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengungkapkan bahwa sejumlah wilayah selama bandung barat mengalami bencana longsor hingga mendorong 23 properti rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi sudah menyebabkan longsor di tiga kecamatan, tutur kepala pusat data info serta humas bnpb sutopo purwo nugroho pada jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan itu adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga juga kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman dan berada dalam tebing perbukitan curam juga kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah menyebabkan wilayah tersebut memiliki risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 rumah rusak berat, 97 properti terancam longsor juga 87 jiwa mengungsi akibat longsor di tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian masyarakat masih mengungsi dalam properti kerabatnya yang lebih tidak berbahaya katanya.

dia menambahkan, dengan pemukiman yang dibangun di perbukitan berlereng curam serta tutupan hutan amat sempit serta kondisi tanah dan tebal serta memiliki mata air dalam pihak tengah ditambah batuan keras dalam pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk itu pemda perlu memfasilitasi teknologi konservasi tanah serta air pada masyarakat supaya risiko bencana dapat diminimalisir, katanya.

banyak koleksi teknologi sederhana agar mengatasi longsor, papar dia, menarik dengan fisik serta vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.