Sekjen PBB sambut kesepakatan Serbia-Kosovo

sekretaris jenderal perserikatan bangsa bangsa ban ki-moon dalam jumat menyambut kesepakatan antara serbia serta kosovo, serta menawarkan santunan badan dunia itu supaya membantu penerapannya.

sekjen menyambut menarik kesepakatan berguna diantara beograd serta pristina dan diparaf hari ini di brussels, pada bawah naungan perwakilan uni eropa agar urusan luar negeri dan kebijakan keamanan, catherine ashton, tutur pernyataan yang dikeluarkan dengan juru bicara ban yang dilansir xinhua.

serbia dan kosovo dalam jumat mencapai kesepakatan bersejarah agar menormalkan hubungan mereka sesudah pembicaraan dan difasilitasi uni eropa pada brussels, belgia.

kosovo, Satu provinsi serbia, dengan sepihak memproklamasikan kemerdekaan dalam tahun 2008. tapi, serbia menolak mengakui dijadikan Salah satu negara yang merdeka.

Informasi Lainnya:

uni eropa mengaturnya untuk persyaratan awal kepada pendapat uni eropa atas serbia bahwa negara itu mesti menormalkan hubungan melalui tetangganya, terutama kosovo.

sekjen mengucapkan selamat dan memuji kaum pemimpin dari kedua bagian supaya penentuan itu dan mengharapkan kiranya perjanjian tersebut mau membawa waktu depan dan cerah juga stabilitas abadi kepada wilayah tersebut, kata pernyataan tersebut.

sekjen sangat mengakibatkan kaum bagian untuk menuntaskan proses bersejarah ini juga mengikuti langkah-langkah konkret supaya setia menyelesaikan perjanjian, kata pernyataan tersebut.

pbb siap untuk membantu para pihak dalam upaya itu.