Prancis akhirnya izinkan pernikahan sesama jenis

prancis menjadi negara ke-14 yang mengizinkan pernikahan kepada pasangan sesama bidang selama selasa, sesudah parlemen menyetujui peraturan perundangan baru dan diperjuangkan oleh presiden francois hollande.

namun kemenangan itu miliki harga politik melalui banyaknya unjuk rasa selama berlibur juga meningkatnya serangan para homophobia.

hukum pernikahan supaya seluruh hollande adalah salah Salah satu reformasi sosial terbesar pada prancis dari mentor sayap kiri dan pendahulunya, francois mitterand, menghapuskan hukuman mati dalam 1981 --langkah yang dan mempunyai perbedaan pendapat.

parlemen daripada majelis rendah nasional --tempat pemimpin sosialis hollande meninggalkan suara mutlak -- mengesahkan undang-undang tersebut melalui pemungutan suara melalui hasil 331 suara setuju serta 225 suara menentang.

Informasi Lainnya:

banyak orang prancis dan mau bangga pekerjaan ini telah selesai, kata menteri kehakiman, christiane taubira, kepada parlemen.

mereka dan memprotes hari ini hendak menikmati kebahagiaan para pengantin baru, katanya seperti dikutip reuters.

hollande menghendaki undang-undang itu berlaku efektif mulai 25 mei, juga pernikahan pasangan sesama bidang diperkirakan mulai ada juni.

komunitas gay menyambut gembira berita itu dengan berpawai juga beberapa kelompok menjadikan 23 april dibuat hari cinta.

namun kaum kritikus mengatakan hollande seharusnya fokus meningkatkan ekonomi sementara penentang aturan tersebut menghendaki referendum dan melancarkan protes baru.

oposisi konservatif dan kelompok sedang langsung mengajukan banding ke dewan konstitusi, pengadilan tertinggi negara itu, dan membahas apakah undang-undang tersebut konstitusional.

prancis, dan penduduknya kebanyakan beragama katolik, mengikuti 13 negara lain termasuk kanada, swedia, denmark, uruguay juga selandia masih, mengizinkan pasangan sesama jenis menikah.