Indonesia antisipasi virus H7N9

indonesia dengan kementerian pertanian (kementan) melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran virus flu burung h7n9 yang saat ini tengah mewabah di china.

kepala badan penelitian dan pengembangan (litbang) pertanian kementerian pertanian haryono selama jakarta, selasa menyampaikan bahwa kejadian wabah h7n9 di china mengingatkan selama wabah flu burung h5n1 yang terjadi selama indonesia selama 2003 dan menyebabkan kematian jutaan ekor unggas bahkan manusia dalam 2005 hingga 2011.

selain itu, lanjutnya, juga mengingatkan selama wabah flu burung h5n1 clade 2.3.2 di itik antara bulan oktober-desember 2012.

virus h7n9 di unggas dalam indonesia belum teridentifikasi, tapi dengan tingginya kemarin lintas manusia dan perdagangan negara, tergolong migrasi burung liar, dengan begini kewaspadaan mau masuk dan menyebarnya virus ini pada indonesia perlu ditingkatkan didampingi tindakan preventif serta kesiagaan dini, ujarnya selama diskusi mengenal juga mewaspadai virus flu burung h7n9.

Informasi Lainnya:

menurut dia, indonesia mempunyai sarana laboratorium toko online untuk diagnosa penyakit hewan dan dapat menguasai teknik deteksi virus ai h7n9 dengan cepat serta akurat. melalui itulah,bila ada virus ai masih serta bermutasi gen bisa langsung digemari.

kita koordinasikan dengan ditjen peternakan kesehatan hewan serta kementerian terkait sehingga bersegeralah dapat dilakukan aksi pencegahan juga pemberantasan, katanya.

selain itu badan litbang pertanian serta berkoordinasi dengan badan karantina pertanian serta dinas peternakan provinsi agar mensosialisasikan bahaya virus flu burung h7n9.

haryono menyampaikan, ketika ini kementan sudah melarang impor ternak di bentuk unggas hidup atau produk unggas lainnya seperti selama bentuk daging dan bulu unggas untuk mengantisipasi masuknya virus flu burung tersebut.

sementara tersebut ketua komisi nasional pengendalian zoonosis emil agustiono dan dan deputi iii menkokesra menungkapkan, pemerintah membentuk tim tanggap darurat untuk mengantisipasi penyebaran virus flu (burungavian influenza/ai) macam h7n9.

virus masih tersebut bersifat zoonosis alias cukup mematikan pada manusia, ujarnya.

sedangkan direktur pengendalian penyakit bersumber binatang kementerian kesehatan andi muhadir menyampaikan, sudah 126 manusia dan terpapar virus ai h7n9 dalam republik rakyat china (rrc). dalam antara tersebut, 30 orang tersebut meninggal dunia.

menurut dia, pihaknya mempersiapkan 2,6 juta butir obat supaya menyembuhkan korban dan terpapar ai.