Sumsel kekurangan 421 notaris

wilayah kementerian hukum dan hak asasi manusia sumatera selatan dan memilki 15 kabupaten/kota sampai kini baru kekurangan 421 notaris dibandingkan 659 formasi yang dialokasikan untuk menerima warga pada provinsi setempat.

wilayah provinsi ini masih ada kekurangan notaris bahkan banyak Satu kabupaten dan tak memiliki seorangpun notaris, kata kasubag humas juga laporan kanwil kementerian hukum juga hak asasi manusia provinsi sumsel zakariah, dalam palembang, selasa.

dijelaskannya, menurut data sumsel masih mempunyai 238 notaris, dari persentasi itu ada besar berada pada kota palembang sebanyak 131 pihak serta hampir mengikuti formasi dan ditentukan 138 notaris.

kemudian daerah yang lain yang mempunyai lumayan banyak notaris adalah kabupaten banyuasin sebanyak 31 orang tapi jumlah itu masih dalam bawah 50 persen formasi yang ditetapkan sebanyak 67 orang.

Baca Juga: Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan Online

kabupaten ogan komering ilir memiliki 10 notaris padahl formasinya 59 pihak, ogan ilir 10 notaris (formasinya 37), muara enim memiliki 10 notaris (formasinya 63), kota prabumulih sembilan notaris (formasinya 14), kabupaten musi banyuasin mempunyai enam notaris (formasinya 48).

kabupaten ogan komering ulu (oku) memiliki enam notaris (formasinya 29), oku timur lima notaris (formasinya 56), lahat lima notaris (formasinya 36), pagaralam empat notaris (formasinya 6), musi rawas tiga notaris (formasinya 42), lubuklinggau memiliki enam notaris (formasinya 17), juga kabupaten empat lawang hanya memiliki dua notaris (formasinya 17).

sementara kabupaten oku selatan, hingga sekarang belum memiliki satupun notaris dan membuka praktik pelayanan kenotariatan pada daerah hasil pemekaran kabupaten induk penghasil semen batu raja itu.

hingga sekarang oku selatan satu-satunya daerah di provinsi sumsel yang tak memiliki notaris, padahal baiknya pas melalui kondisi luas wilayah dan kasus masyarakat dalam daerah itu paling tak banyak 30 notaris dan menjalankan praktik melayani warga setempat, ujar zakariah.