Pangdam XVII Cendrawasih: perayaan 1 Mei dipusatkan di Sorong

perayaan 1 mei serta hari kembalinya papua ke pangkuan nkri (negara kesatuan republik indonesia) rencananya hendak dipusatkan dalam wilayah sorong, papua barat. itulah dilontarkan pangdam xvii/cenderawasih mayjen tni christian zebua kepada wartawan, jumat di sentani.

seluruh papua diinginkan dapat merayakannya, ujar pangdam.

pangdam menjelaskan perayaan 1 mei kali ini berpusat dalam sorong sebab menurut sejarah, tentara indonesia mulai mengusir penjajah diawali selama wilayah sorong.

nah akhirnya diputuskan hendak dirayakan lumayan besar-besaran di sorong, tegasnya.

Informasi Lainnya:

ia menungkapkan perayaan 1 mei pada sorong ini ingin diselenggarakan oleh gubernur papua barat dan perangkatnya dibantu dengan jajaran tni.

bisa maka tahun depan akan diselenggarakan pula dalam jayapura, itu tak menutup kemungkinan, urainya.

pangdam menambahkan perayaan tinggal papua ke pangkuan nkri ini mau dilaksanakan dengan bergantian pada pilihan wilayah selama papua maupun dalam papua barat.

perayaan kembalinya papua ke pangkuan nkri dan jatuh dalam tanggal 1 mei tersebut, biasanya daripada tahun ke tahun dirayakan secara besar-besaran oleh tni dibantu dengan pemerintah daerah setempat.

hal ini dibuat untuk masyarakat mengingat terserah jasa-jasa pahlawan yang sudah mengorbankan nyawanya untuk merebut kemerdekaan dan ketika ini dinikmati penduduk luas selama bumi cenderawasih.