Gempa masih sering guncang Kawah Timbang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) kabupaten banjarnegara menyampaikan gempa masih sering melanda kawah timbang di desa sumberejo.

berdasarkan pengamatan tim tanggap darurt pusat vulkanologi serta mitigasi bencana geologi (pvmbg) selama minggu (31/3), pukul 18.00 wib, hingga senin, jam 06.00 wib, terekan keberadaan tujuh kali gempa vulkanik pada dan 27 kali gempa vulkanik dangkal, tutur petugas posko siaga darurat bencana kawah timbang bpbd banjarnegara, andri sulistyo, dalam kecamatan batur, banjarnegara, senin.

sementara pada minggu (31/3), pukul 00.00-18.00 wib, terekam sebanyak 12 kali gempa vulkanik di, 41 kali gempa vulkanik dangkal, dan dua kali gempa hembusan yang terjadi selama kurang lebih kawah timbang.

sementara ketika kawah timbang berstatus normal, kata dia, rata-rata di Satu bulan terekam kurang dari 10 kali gempa vulkanik pada juga kurang dibandingkan lima kali gempa vulkanik dangkal.

namun masih sering diguncang gempa, warga kurang lebih kawah timbang tetap tenang dalam rumah masing-masing. sampai ketika ini belum ada pengungsian, katanya.

Baja Juga: Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda - Mencari Dealer Honda

selain gempa, kata dia, dalam pengamatan visual serta terpantau kehadiran asap putih tebal yang dihembuskan kawah timbang melalui tekanan lemah hingga ketinggian 50-80 meter ke arah barat.

pada jarak 1.000 meter daripada kawah timbang ke arah barat, tutur dia, bau belerang tercium lumayan tajam. sedangkan pada jarak 1.500 meter dibandingkan kawah timbang ke arah selatan, lanjutnya, bau belerang tercium lemah.

saat ini, lanjutnya, telah dilaksanakan penambahan papan jalur evakuasi di sejumlah ruas jalan kecamatan batur terlebih desa sumberejo juga desa batur.

kalau `light tower` ataupun lampu sorot sudah dibuat sejak sabtu (30/3) pada dusun simbar, desa sumberejo, dan mengarah ke kawah timbang, oleh karenanya pemantauan pada malam hari lebih gampang dilaksanakan meskipun dari jarak tidak berbahaya ataupun pada luar radius 1.000 meter, katanya.