Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan bahwa putaran kesepuluh pembicaraan diantara iran dan iaea akan digelar di 15 mei selama wina.

iran juga iaea telah bertemu pada sembilan putaran pembahasan sejak akhir 2011. pertemuan terakhir mereka digelar pada ibu kota iran, teheran, dalam pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea juga kepala departemen perlindungan herman neckaerts menyatakan, kedua pihak tak bisa mencapai kesepakatan tentang modalitas tetapi iaea berkomitmen agar melanjutkan pembahasan.

iran dan iaea sudah membahas lebih dari Salah satu tahun untuk membuat modalitas guna mengajarkan apa iran mesti menjawab pertanyaan iaea tentang isu kemungkinan dimensi militer (pmd) dari program nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel juga beberapa sekutunya menuduh iran telah salah mengejar objek wisata non-sipil dalam website energi nuklirnya.

iran secara tegas menolak tuduhan itu, melalui alasan kiranya dijadikan komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi dan anggota iaea, dia berhak untuk menggunakan teknologi nuklir supaya lokasi damai.

selain tersebut, iaea telah menggarap semua inspeksi fasilitas nuklir iran, tetapi tidak pernah mendapatkan bukti yang menunjukkan bahwa situs energi nuklir teheran telah dialihkan ke arah lokasi militer, demikian catatan irna.